Borondong

kabandungeuy.idkata anak muda sekarang ‘Brondong’ lebih dikenal dengan sapaan buat sang gebetan atau ABG. Tetapi ini lain, sebelum istilah itu ada di Bandung Borondong dikenal dengan jajanan khas Bandung yang popular.

Baca juga Karedok

Borondong sebagai panganan kecil yang manis dan legit ini terbuat dari sejenis ketan juga jagung yang dimasak dengan gaya popcorn, kemudian diaduk dengan gula aren dan dibuat dalam beragam bentuk yang khas, mulai dari bulatan kecil sebesar bola pingpong hingga sebesar bola sepak.
Meski didera oleh berbagai kemajuan zaman Kepopuleran Borondong masih bergema dan mampu bertahan hingga saat ini. Anda bisa mendatangi beberapa tempat penjual Borondong, mulai dari pasar hingga kios atau toko dekat terminal bus antar kota ataupun tempat persinggahan antar kota seperti di Ciparay, Cicalengka, Nagreg, Banjaran atau terminal Leuwi panjang Bandung.

Lihat juga Cendol

Pantas panganan ini cocok buat oleh-oleh dari Bandung seperti lagu yang pernah dilantunkan oleh Rudy Rosadi bersama bandnya Eka Jaya Combo pada decade ’60-an, hingga kini masih popular dan enak di dengar. “Borondong garing/ider kota palemburan/ Mekar lumaku diri/ Payu dagang bari mimitran/ Oleh-oleh Priangan ti lingkung lembur/ Majalaya, Soreang, Banjaran, Bandung…


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Borondong"

Post a Comment

hallo agan, silahkan berkometar secara bijak dan santun