JAARBEURS (MAKODIKLAT KODAM III SILIWANGI)

http://bandungtempodoeloe.blogspot.co.id/2008/05/welcome.html

Jaarbeurs yang berarti Gedung Bursa Tahunan terletak di jalan Aceh No. 50, Jaarbeurs merupakan sebuah bursa dagang tahunan yang diselenggarakan di Bandung mulai dari tahun 1920 hingga 1941 atas prakarasa perkumpulan “Bandoeng Vooruit” (= Bandung Maju) Dari tahun 1920 sampai 1924 Jaarbeurs dilaksanakan di area sebelah selatan lapangan olah raga NIAU (= Nederlandsch Indische Athletiek Unie), yang sekarang dikenal sebagai Gelora Saparua

Jaarbeurs dibangun pada tahun 1925 atas desain Prof. C.P. Wolff Schoemaker. Gedung Jaarbeurs bergaya arsitektur Art Deco dengan di bagian atapnya terpahat tiga patung torso Atlas bugil diambil tokoh mitologi Yunani kuno. dan tulisan Jaarbeurs di bagian bawah.
Pada tahun 1945-1949 gedung digunakan sebagai markas militer Belanda MTD (Motor Technische Dienst)

Setelah 1949 bekas gedung Jaarbeurs menjadi markas militer TNI AD sekitar tahun 1970 hingga 1980 ketiga patung atlas di ditutup atas perintah salah satu Komandan karena dianggap vulgar namun kemudian dibuka kembali.

Kini gedung Jaarbeurs menjadi gedung MAKODIKLAT TNI-AD (MArkas KOmando pendiDIKan dan LATihan) Sejak tahun 2005 gedung Jaarbeurs bisa disewa sebagai tempat resepsi perkawinan, dll.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JAARBEURS (MAKODIKLAT KODAM III SILIWANGI)"

Post a Comment

hallo agan, silahkan berkometar secara bijak dan santun